Senin, 24 November 2014

Merbabu Trip

Ahh akhirnya setelah luntang lantung 7 hari 7 malam bertapa diatas kapal Flying Deutchman akhirnya blog ini udah gue bikin sedikit lebih rapi, padahal cuma karna gue rapiin doang gue udah dipaksa lagi nulis sama salah satu reader setia, sedikit heran kenapa ada aja yang mantengin padahalkan cerita-cerita gue disini gak jelas semua. Tapi berhubung dipaksa reader setia gue berusaha mencari bahan buat ditulis , yang bacasih enak bisa tinggal baca nah yang nulis kudu bertapa dulu cuma buat bikin 1 postingan belum lagi harus bulak balik ngeditnya. (Ceritanya curcol)

Berhubung gak tau mau nulis apa gue bakal cerita sedikit tentang perjalanan gue kegunung merbabu aja kali ya, tepatnya sebulan yang lalu...

Sebenernya gue juga bingung mau mulai dari mana mungkin langsung aja kali yaa, hal bego dari awal trip ini adalah waktu nyasar. Entah karna kelelahan sehingga jadi linglung temen gue malah bawa kita kebasecamp gunung merapi padahalkan kita pengennya mendaki merbabu. Sebenernya bukan salah dia seutuhnya juga karna memang lokasi antara kedua gunung tersebut bersebelahan.

Gambar legenda jaman sd

Sebenernya gak ada lagi hal yang aneh semenjak kejadian itu sampai kita mulai mendaki, berhubung track merbabu lebih landai dibandingkan dengan gunung lawu gue merasa enjoy malam itu sampai akhirnya udara semakin tipis dan dingin mulai menyelimuti, kita mutusin buat istirahat dan menginap di pos 2. Pagi harinya gue terjaga dengan matahari yang menggoda diufuk timur.

Gold skies..

Setelah sarapan dan beres-beres kita ngelanjutin perjalanan, karna udah dimanja dengan istirahat kaki gue berasa berat tiap langkahnya hingga akhirnya tiap tanjakan yang kita lewati selalu diselingi dengan break. karna pos 2 ke pos 3 gak begitu jauh sampailah kita dihamparan sabana pos 3. belum apa-apa temen gue udah komentar "Yaaah tau gitu mending kita nginep disini tadi malem". Emang gaada salahnya apa yang dia bilang karna disana hampir semua lahan sebesar lapangan bola berdiri tenda.Setelah break dipos 3 kita lanjutin perjalanan, tapi kali ini medannya lebih terjal kira-kira 60-65 derajat kemiringannya sehingga memaksa kita berjalan dengan merangkak. Medan terjal hanya bermodal pegangan akar pohon ditambah berat barang bawaan buat gue pengen nangis tiap liat kebawah. maklum karna gue punya vertigo dan takut akan ketinggian ditambah lagi seberat-beratnya medan lawu gue gapernah nemu tebing kaya begitu disana apalagi dengan trek tanah. Akhirnya gue berhasil ngelewatin trek itu dan dipertemukanlah dengan jalan yang landai. Setelah semua anggota berhasil ngelewatin trek tersebut kitapun break dibawah rindangan pohon sampai akhirnya semua ketiduran selama 2 jam. Karna gue bangun duluan gue mutusin buat naik sendirian, nyata eh ternyata 3 menit gue jalan ketemulah gue dengan sabana 1 dan akhirnya gue break sendiri. Setelah temen-temen gue nyusul mereka ngomong "Kalau tau gitu mending kita tidur disini tadi", ngehek emang.

Akhirnya karna puncak udah gak terlalu jauh kita ngecamp dan temen-temen gue ngelanjutin tidur lagi siang itu, padahal rombongan yang berangkatnya bareng sama kita aja udah mulai turun nah kita baru nyampe sabana 1. Tapi berhubung kita memang nyantai dan cuma ngejar sunset bersantailah kami sejenak disana. Jam 3 mulailah kami berjalan kembali dengan meninggalkan peralatan didalam tenda. Karna trek lebih terjal dari sebelumnya gue semakin panik waktu itu, bukan masalah naiknya tapi gue berusaha mikir gimana cara turunnya sementara gue takut ketinggian. pengen rasanya ngibarin bendera putih tanda menyerah waktu itu tapi dalam hati gue berontak apalah arti mendaki tanpa sampai puncak dan akhirnya...

Mukanya maafin

3142Mdpl we did it..
Merbabu Selfie

Setelah puas menikmati foto ditanah puncak surga merbabu, kamipun turun kembali karna takut hari gelap mempersulit perjalanan turun , perasaan gue yang tadi takut setengah mati mikirin gimana caranya turun mendadak berubah menjadi riang gembira bagai anak tk , ternyata turun dari gunung dengan medan pasir sangat-sangaat menyenangkan. dengan cara merosot saat itu gue jadi berasa kaya Tony hawk lagi diatas skate. Diperjalanan ada moment indah yang gue nikmati dan gue abadikan.

samudra diatas awan

Setelah bermalam disabana 1 esok harinya kami menghabiskan moment untuk berfoto-foto diperjalanan pulang.

Sabana 1
Muka dekil dari gunung

Hal berharga yang gue dapat dari hiking waktu itu adalah, pertama waktu gue berhenti dari pos 2 kepos 3 dan waktu tidur sebelum sabana 1 padahal kalau gue sabar dan terus jalan gue pasti nemuin tempat yang lebih baik buat istirahat waktu itu. Saat melakukan sesuatu jangan setengah-setengah harus bener-bener dilakukan dengan sungguh-sungguh. kenapa berhenti sementara kamu mungkin sudah sangat dekat dengan tujuanmu. aturannya kamu bisa dapat emas karna kamu setengah-setengah malah gak jadi dapet apa-apa.Yang kedua adalah waktu gue terjebak diantar tebing karna rasa takut ketinggian, kuncinya adalah cobalah lawan rasa takut itu karna hal yang kamu takuti bukan berarti tak bisa kamu hadapi.

Ohiya sedikit tips juga demi treking yang aman sebaiknya gunakan pakaian yang mampu menutupi kulit dari sinar matahari langsung, selain itu gunakan sunblock karna berkat ngelanggar 2 hal ini kulit gue jadi belang,kebakar dan berganti kulit. selain itu juga bawa kacamata untuk melindungi mata dari debu , sama masker atau buff untuk menutupi hidung agar menghindari termakan dan terhirupnya debu, selain itu juga bawa jaket double jika bisa dilengkapi dengan fitur wind-proof, wind-block dan water-proof.

Sebenernya masih amat sangat panjang cerita gue digunung Merbabu tapi cukup segini aja yaa takutnya kalau gue ceritain semua bisa-bisa besok lo semua pada pake kacamata plus mendadak lagi ...