Selasa, 25 November 2014

I am A Foundry Engineering

Kalau kata orang jaman dulu 'Jangan suka bermain api', kayanya kalimat itu udah gak berlaku lagi buat gue. semenjak kuliah, api udah hampir  kaya teman sehari-hari, apalagi semenjak gue masuk semester 3 ini mulai praktek didunia industri membuat hubungan gue sama api udah kakak-adekan yang tak berujung pada sebuah kejelasan. (APAANSIH?)

Yaa memang udah tuntutan gue sebagai seorang Foundry Engineering, Ada yang tau Foundry Engineering apaan? Wajar kalau kamu gak tau karna jurusan ini hanya ada di 2 Politeknik se Indonesia, Yang jelas Foundry gak ada hubungannya sama Laundry yaa. Beginilah sedikit penjelasan singkat gue tentang apa itu Foundry engineering , jadi Foundry Engginering adalah seorang teknisi yang bekerja pada bidang pengecoran logam (Sangat Beda jauh dengan ngecor tembok) tugasnya sendiri adalah melakukan perancangan terhadap benda yang akan dibuat dimulai dari penggambaran, perhitungan modul & sistem saluran, simulasi, peramuan dan peleburan material sampai dengan uji laboratorium, buat yang masih belum jelas bisa googling sendiri yaa ...

Nah jadi asal mula gue bisa nyasar kejurusan ini adalah karna paksaan orang tua yang mana waktu itu bos bokap lagi baru-baru buka pabrik tembaga, yang kedua jurusan ini jarang ditemui sehingga prospek peluang kerjanya amat sangat terbuka, yang ketiga karna gue adalah orang yang anti mainstream. "Anjriiit calon Ironman nih gua" dalam hati waktu Pertama kali gue ngebayangin foundry. eh nyata eh ternyata gue harus berhubungan dengan hal masak-memasak tapi bedanya yang dimasak kaya gini ni..


Sibapak lagiMasak besi  ..
Besi panasnya 1400-1500 C.

Kalau nuanginnya gabener malah jadi kaya Firework gini,keren buat tahun baruan.




Serem ? Lumayan, seandainya kamu pengen mempercantik diri atau mungkin ingin menghilangkan panu,kadas,kurap cuma tinggal olesin doang cipratannya. Sebenernya sih kampus gue mendidik kita buat siap terjun langsung kedunia kerja dan minimal menjadi seorang superviser, superviser sendiri adalah pengawas yang bertugas mengawasi proses produksi jadi ga perlu berhubungan sama hal kaya difoto, tapi untuk menambah ilmu dan pengalaman akhirnya diberikanlah kami praktek untuk terjun kelapangan seperti difoto dengan industri yang berbeda-beda, selain itu juga untuk merasakan bagaimana rasanya menjadi bawahan sehingga menjadi lebih mengerti, menghargai dan lebih peka terhadap bawahan didunia kerja kelak.

Nah jadi semasa diindustri gue banyak kenal sama orang-orang baru, mereka memang gak sekolah tapi ilmu dari pengalaman mereka banyak banget yang mereka sharing ke gue. jadi yang membedakan kami hanyalah gue dididik buat jadi atasan, lalu perbedaan lainnya gue anak kuliahan dia anak emaknya (yaiyalah bego) , gue pakai pakaian safety sementara dia enggak. kek gini ni.

Demi anak istri

Perbedaan diluar negri saking safetynya udah lebih mirip astronot dibanding foundrynya

 Jadi waktu itu sempet nanya disela-sela istirahat...

"Pak itukan gapakai pakaian safetykan bahaya pak?apalagi gak pake sendal gitu"tanya gue

"Wah mas saya kalau pakai pakaian kaya mas justru saya gabetah mas, gerah banget soalnya. Dulu kita memang pernah dikasih duit buat belinya tapi duitnya saya pake aja buat makan, setahun kemudian juga pernah dikasih langsung pakaiannya tapi tetep aja pada gak dipakai kecuali ada kunjungan dari luar negri atau dari pemerintah" Kata bapak Rt yang juga kerja diperusahaa itu.

"Gilaak sakti juga ni orang gak takut sama panasnya cairan" ngomong dihati sambil nahan ketawa.
"Lah emang gatakut kena cairannya pak?kan panas",gue nanya lagi.

"Yaa panas toh mas tapi yaa wong udah biasa kok , karna kurang hati-hati dulu juga pernah ada yang ketumpahan cairan kok",kata sibapak.

"Lah trus gpp pak?",gue motong omongannya.

"Yaa hancur kakinya mas sampai keliatan tulangnya saking panasnya, tapi sekarang udah gpp tuh orangnya",Sambil nunjuk seorang bapak-bapak.

Kampreet gue kirain sakti ternyata tetep aja hancur, tapi meskipun dengan kejadian itu para pegawai diseluruh ceper tetep aja nganggap remeh sama yang namanya sistem keselamatan mungkin karna disini pusatnya ilmu logam tradisional dari jaman dulu jadi keterusan sampai anak cucu, sempet kepikiran apa jangan-jangan dulu wiro sableng sama jaka tingkir mesen senjatanya disini? Mungkin lebih baik kita biarkan jawabannya menjadi misteri.

Tapi yang bikin gue sedih adalah meskipun dengan resiko sebesar itu mereka hanya dibayar 30 Ribu/hari, Gue heran karna  masih tinggian jajanan gue dibanding gaji mereka. apalagi ditengah bahaya bom waktu yang sewaktu-waktu bisa meledak,mereka melebur material yang tercelup aja sedikit air kedalam cairan besi tersebut tentu saja pasti akan meledak dan membahayakan nyawa mereka. Sedikit gedeg juga karna minimnya perhatian dari pemerintah padahal mereka adalah salah satu penopang pendapatan negara dalam sektor industri.

"Pak emang betah pak kerja gitu?inikan resikonya besar?", gue nyoba nanya waktu itu

"Wah dek saya kerja gini seneng kok tiap hari bisa bercanda sama teman-teman saya jadi gak terasa beratnya, yang penting uangnya halal gak dari hasil minta-minta sama orang. yang penting hidup saya tenang anak saya bisa makan sama sekolah itu sudah cukup"Jawab sibapak dengan senyum tulus.

Mulai dari situ gue berpikir gimana bisa caranya mensejahterakan kehidupan mereka, yang tadinya udah mulai jenuh sama kegiatan yang gitu-gitu aja gue jadi lebih bersyukur karna sesulit apapun hidup gue masih ada orang yang lebih sulit dibanding gue. Hidup sederhana juga lebih indah dibanding dipenuhi tahta tapi hidup jadi gak tenang, I am a Foundry Engineering and i'm happy with this shit.

Mungkin segitu aja kali yaa cuma sekedar buat sharing. Cara paling tepat memotivasi diri dengan melihat keatas tapi jangan lupa besyukur dengan melihat kebawah so keep work hard and stay humble :)










3 komentar:

  1. makasih bang buat tulisannya yang agak bikin mbrabak a.k.a berkaca-kaca dikit. kmrn after KKL juga di batur jaya caper di foudry juga miris lihatnya bapak-bapak yang kerja disana udh paruhbaya (jadi keinget simbah dirumah) mana kerjanya nggak pakai pakaian safety jangankan, pakai sandal aja enggk. aku ijin copas gambar keseLamatan kerjanya yaa buat laporan aku cantumin sumber kok. btw salam kenal dari anak pendidikan mesin UNS.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo salam kenal kembali yaa , iya silahkan :)

      Hapus
  2. trimakasiiiiihhhh,, bermanfaat sekali info nyaaa. sekian tahun hidup di batur dan baru sekarang tergerak buat mencari tau apa itu foundry engineering. dan tulisan mu muncul paling atas kaaakkk. makasiiihhhh

    BalasHapus

Hai, Terima kasih sudah ikut meramaikan kolom komentar saya. Jika ada waktu luang pasti akan saya kunjungi balik. Pastikan kalian memfollow Blog ini atau G+ saya.Secepatya pasti akan saya Followback agar dapat mengetahui dan meramaikan postingan terbaru pada blog kalian.