Rabu, 18 Maret 2015

Tentang Menjadi Anak Kost

Hola...

Berhubung malam ini habis ngerangkum panjang lebar sepertinya jari-jari saya butuh sedikit senam aerobik dikeyboard, maklum aja ngerangkumnya kaya gini..


Padahal judulnya aja ngerangkum, otomatis yang seharusnya ditulis hanyalah hal-hal yang penting dari buku tsb, tapi yaa tetep aja semua berasa penting. Ada yang sering begini? Jangan ditiru yaa..


Kalau otak udah dipresing buat ngelakuin sesuatu yang berat emang selalu menimbulkan rasa lapar ya, ya susahnya adalah ketika lapar ditengah malam begini. tahukah kamu? bahwa sesungguhnya hanya mie instanlah sang jalan pintas pemuas raga bagi seorang mahasiswa kost yang sedang kelaparan ditengah malam seperti saya ini. sebenernya bukan males mau beli keluar tapi sayangnya malem-malem begini yang dagang makanan juga biasanya udah tutup apalagi musim begal hih atut  <--- A-L-A-S-A-N

Buat anak-anak yang pernah atau bahkan lagi ngekost mungkin pernah merasakan penderitaan seperti ini, buat yang belum pernah mungkin beginilah penjelasan singkat saya tentang menjadi anak kost :


1.Kehidupannya.
Kehidupan anak kost sudah jelas lebih mandiri, karna apa-apa dilakukan sendiri. Tapi ya gitu meskipun hidup apa-apa sendiri tetep aja kebiasaan yang gak pernah dilatih di rumah akan terbawa-bawa kedalam lingkungan kostan. yang biasanya pergi kemana-mana, eeh pas balik kerumah  kamar jadi rapi udah gak akan terjadi lagi dimasa ngekost, karna kalau gak diri sendiri yang bersihin, kamar tetep bakal keliatan kaya sarang tikus. Tapi tidak semua seperti itu, ada kok cowo yang kamarnya lebih bersih dari kamar cewe dan bahkan sebaliknya.

Anak-anak yang tadinya waktu dirumah dimanjain sama mesin cuci harus belajar nyuci pake tangan sendiri, tapi ya gak sedikit juga yang ngandelin jasa laundry. yang paling ngeselin saat kamu nyuci pakaian sendiri adalah ketika pakaian yang kamu cuci kehujanan waktu lagi jam-jamnya kuliah.

 Lagi bengong dikelas tiba-tiba..

"Lah hujan bro"

"laah...."

Astaga Kolor gue...

Mungkin seperti itulah ekspresi ketika kamu sadar bahwa semua pakaian dalam kotor yang kamu jemur kebasahan, dan dengan terpaksa menggunakan lagi pakaian dalam yang dipakai saat ini untuk shift kuliah esok hari.

Dari segi makanan sendiri anak kost dituntut untuk membeli atau minimal memasak dahulu ketika lapar mengguncang cacing pita dalam perut, gak kaya dirumah, laper tinggal nyomot didapur. Tapi yang enakya dibanding dirumah, kamu bisa makan pagi-siang-malam dengan menu yang berbeda-beda misalnya pagi makan mie rasa soto, siangnya rasa kari ayam, malemnya rasa rendang (yaasama aja mi-mie juga)


Hidup nge-kost mungkin lebih terasa bebas, karna saat nongkrong sampai larut malampun jarang adanya notif misscall berpuluh-puluh kali dilayar handphone seperti saat kamu tinggal dirumah, yang apabila diangkat akan terdengar makian yang menyuruh kamu untuk segera cepat pulang, bahkan jika kamu pulangpun terkadang harus terkurung dulu diluar rumah. Contohnya saja Markonah ...


"Halo kaka dimana?sudah jam 7 malam ini anak cewe kok masih kelayaban" teriak papa dibalik speaker Smarthphone supercopy buatan china milik Markonah.

"Yaampun papa jam 7 mah masih sore keleus" elak Markonah.

"Oh kamu ngelawan yaa awas bulan depan uang jajan kamu papa potong, kamu tidur diluar malam ini!", bentak papa

"papa aku tu cuma mau adu kecebong doang sama temen-temen, bentar doang abis itu pulang fix yakinlah inyong sumpah",Jelas Markona

"ooh jadi kamu gadenger apa kata papa, sekarang kamu pilih pulang...... atau tirai nomer 2?",tanya papa

"Yaa jelas tirai nomer 2lah!"

Akhirnya setelah dibuka, tirai 2 hanya berisi Zonk begitupun dengan nasib Markonah, karna ngeyel tak menghiraukan kata papa Markonahpun hilang diculik teman Friendsternya....


Coba deh pikir disaat rasa kantuk dan lelah mereka sirna lalu berubah menjadi cemas ketika tahu kamu belum pulang, terkadang sebagai anak justru kita hanya bersikap acuh-tak acuh terhadap perhatian mereka.




2.Manajemennya
Dalam sistem manajemen anak kostan, selalu terdapat biaya pokok yang harus dikeluarkan setiap bulannya, apa itu? tentu saja bayar uang kost. Yang paling ngebetein dari bayar uang kost adalah ketika si bapak/ibu kost-nya cerewet, soal uang nomer satu eeh soal fasilitas tunggu dulu mulu.

Coba bayangkan pada jam 00:00.01 detik pada tanggal 1 ada yang ngetok-ngetok pintu kamar kamu, kamu mengira ada surprise ulang tahun dari temanmu padahal nyatanya kamu sedang tak berulang tahun, kamu mungkin mengira ada yang salah dengan tanggal di gadgetmu sambil terseok-seok membuka pintu, berharap yang mengetok sang pujaan sembari membawa kue ulang tahun,sebucket bunga, kado dan tak lupa sebungkus nasi padang.


Tapi....






Nyatanya....




Yang datang justru seorang wanita paruh baya dengan tampang sengak sembari mengenakan daster dengan rambut dirol kaya gini...

 Bayar uang kost atau mati


Awalnya kamu mengira wanita tersebut hanya ngelindur tidur jalan tapi ternyata tidak, wanita tersebut membuka buku yang ia selipkan diketiaknya yang konon buku tersebut berisi tagihan bulanan kostan, voucher listrik, angsuran kredit panci, resep rahasia Kraby Patties, Foto Raul lemos , cheat GTA dan nomer togel Singapore.



Kampret gak tuh tengah malem nagih uang kost-an dengan cara begitu.


Nah selain pengeluaran pokok anak kost juga banyak tuh yang ngeluarin biaya untuk kebutuhan sekunder demi memenuhi gengsi sosialitanya, dugemlah, makan pagi-siang-malemnya di restauran bintang 5lah (bentar-bentar, restauran ada bintangnya juga gak sih?)

Awal bulan memang jadi ajang hedon-nya si anak kost tipe ini eeeh pas akhir bulan baru deh berasa begini...

Pusing pala bang ipul dek...

Karna grafik pengeluaran meningkat tajam dan membuat kas perusahaan menurun dratis, sehingga dapat menyebabkan saham (Rasa sayang gebetan) berkurang, terjadilah dilema yang menyebabkan adanya pemangkasan Anggaran Pendapatan dan Belanja Anak Kost (APBAK (APBN-nya versi anak kost)), contohnya :

Pengeluaran
  • Malam minggu jalan sama gebetan
Demi menyeimbangkan neraca keuangan diakhir bulan, maka :
  • Minggu-Jum'at makan mie 3x sehari
  • Anggaran Kuota modem disiasati dengan nebeng Wifi gratisan
  • Anggaran Laundry dihemat dengan Nyuci sendiri
  • Dan bila mentok akhirnya harus ngutang sama tetangga kost

Tapi kadang keuangan anak kost bukan cuma terkuras gara-gara gebetan, Justru kadang pengeluaran yang paling menguras kantong adalah pembelian barang-barang yang dianggap sepele seperti nge-print tugas, beli bensin, beli pulsa, beli rokok bagi yang ngerokok, beli cemilan, beli sabun, beli bedak, beli lipstik, beli pensil alis dsb.


Akhirnya saat keuangan habis yang jadi sasaran yaa siapa lagi kalau bukan orang tua. Contohnya saja Suketi mojang desa Konoha yang saat ini sedang melanjutkan kuliah di Monster University. Karna Konoha dan Monster University berjarak 3887482734898374736473675 Km, akhirnya ia memutuskan untuk ngekost. Namun karna pengeluaran tidak sebanding dengan pemasukan, Suketipun akhirnya kocar-kacir.


Dengan cara mengemis memelas kasihan minta ditambahin uang saku yang hampir bolong, suketipun menelpon mamanya.

"tuuuuut tuuuut halo mama", Sapa suketi sedikit judes.

"Iyaa adek mama lagi dikantor polisi, ada apa? isiin dulu pulsa kenomer mama", (laah)

"Mama kok dikantor polisi mulusih? aku malu punya mama yang selalu bermasalah sama polisi, lagian kalau pulsa abis tu beli hape baru aja kaya biasa ngapain isi-isi pulsa segala, mana uang jajan aku habis, bulan besok tambahin dong sekarangkan apa-apa sudah mahal, beli kutang di Zara aja udah 50 juta !"

"Boro-boro beli hape baru emang kamu lupa apa kalau kita tiap hari hanya makan gedebong pisang dicampur ari-ari biawak hah?!!!, yaudah besok mama tambahin , sebulan 10M cukup gak kira-kira?", tanya mama

"Wah beneran ma?mau mau mau, cukup cukup cukup", Jawab suketi kegirangan

"Tapi ada syaratnya!"Ucap mama dengan nada tegas.

"Syaratnya apa ma?", Tanya suketi sedikit heran.

"Setiap awal bulan kamu harus bikin proposal dan tiap akhir bulan kamu harus bikin LPJ (Lembar Pertanggung Jawaban), Kalau gak ada dua itu mama gaakan cairkan duitnya", Jelas mama


"Buseeeehhhh itu minta uang jajan apa nyari sponsor , dasar pelit!!" ucap suketi dengan nada ketus.

"Oh gitu kamu berani sama mama, mama kutuk kamu jadi batu akik!", Ucap mama sambil berubah dalam mode seiya.

"tuuut tuuuut tuuuut" telfon terputus.




Suketipun berubah menjadi batu akik...




Sedangkan sebagai bentuk penyesalan karna telah mengutuk suketi, mamapun bergabung bersama Goku dkk untuk mencari 9 bola dragonball demi mengembalikan bentuk Suketi seperti semula.


Tamat...



Penampakan suketi.



Jadi yaa intinya segala sesuatu itu ada enak gak enaknya jadi nikmatilah sebisanya , Saat sendiri kamu bisa ngerasa bebas tapi tetep aja gabakal seenak dirumah sendiri, contohnya aja saat dirumah kamu bisa makan kapanpun saat kamu merasa lapar meskipun seadanya dan tak perlu menahan lapar hanya karna alasan uang kiriman yang telat atau bahkan karna kartu ATM tertelan, gak perlu mikirin beli kebutuhan sederhanan yang biasanya sudah tersedia dirumah. Mungkin kamu bakal ngerasa bete karna tiap hari ada aja omelan dari orang tuamu saat kamu dirumah, disuruh ini itu, tapi saat kamu jauh dari mereka kelak kamu bakal ngerasa kehilangan banyak hal, mulai dari kasih sayang ketika mereka ngerawat kamu waktu kamu lagi sakit, atau bahkan untuk sekedar mencicipi masakan favorite buatan ibumu, karna kemanapun kamu mencari tak akan ada restauran yang mampu menandingi nikmatnya makanan yang tercipta dari tangan ibumu, percayalah :)



Ah berhubung saya sudah ngantuk dan hal yang absurb mengenai anak kost masih banyak jadi kapan-kapan saya lanjutin yaa Tentang menjadi anak kostnya, ciao...












8 komentar:

  1. Hihihi jadi ketawa gara-gara keinget sama nasibku sendiri sebagai anak kost.
    Emang bener tuh enaknya sehari bisa ganti-ganti menu makan. Biasanya aku beli lauk di warteg. Lah kalo di rumah kan kalo hari itu menunya lele ya seharian bakal makan lele. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi ya seenak2nya makanan beli gak lebih enak dari masakan buatan ibu sendiri.

      Hapus
  2. Ketika realita jauh dari ekspetasi, disitu kadang merasa sedih. Hikz.

    BalasHapus
  3. semuanya ada enak atau gak enaknya ya,termasuk anak yang ngkost kasian banget kalau sudah memasuki akhir bulan,hehe jadi anak kost itu harus bisa mengontrol pengeluaran :)

    BalasHapus
  4. setahun lagi insya allah aku ngekost ._. tapi kok serem gitu ya kayanya, jadi takut *eh._.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Woles , semua kembali ke individu masing-masing kok gak semua kaya gitu.

      Hapus

Hai, Terima kasih sudah ikut meramaikan kolom komentar saya. Jika ada waktu luang pasti akan saya kunjungi balik. Pastikan kalian memfollow Blog ini atau G+ saya.Secepatya pasti akan saya Followback agar dapat mengetahui dan meramaikan postingan terbaru pada blog kalian.