Selasa, 02 Desember 2014

I am A Foundry Engineering II

Hari ini bener-bener suram , udah beberapa kali dalam sehari ini nyawa gue hampir melayang. bener kata orang-orang "Yang paling dekat itu adalah kematian, yang paling jauh?sudah jelas rumah gebetan yang tinggal di Bekasi" (langsung dirajam sama orang bekasi).


Gebetan tinggal dibekasi?tinggalin


Jadi dari awal pagi tadi memang udah ada kejadian yang gak mengenakkan perasaan gue, yang pertama pas mau berangkat kuliah waktu nurunin tangga gue kepeleset, hampir aja gue matahin leher gue, untungnya tangan gue masih punya reflek yang sangat baik. Jadi setelah kejadian itu waktu do'a setelah baris ntah kenapa bibir gue ngomong "yatuhan lindungi keluarga kami dari segala marabahaya''. seperti biasa sehabis baris gue nongkrong-nongkrong didepan kampus sambil nungguin jam 8.

Jam dihandphone menunjukkan pukul 08.00, bergegaslah gue beserta seorang teman praktek gue menuju industri. jaraknya memang cukup jauh dari kampus, gak kaya biasanya temen gue ugal-ugalan bawa motor sampai dipertigaan hampir aja kita tabrakan sama ibuk-ibuk. ditengah menggigilnya badan gue nyoba buat tetap tertawa padahal yaa hampir aja nyawa gue hilang sia-sia.

Sampai diindustri gue praktek kaya biasa, lagi-lagi hal buruk terjadi tiba-tiba gue ngedenger suara ...
 


Induction furnace yang kita gunain buat ngelebur baja tiba-tiba bocor!, itu menandakan bahwa salah perlakuan sedikit saja tanurnya bisa meledak, iyaa meledak!!! ntah karna terlalu sering dipake sampai-sampai liningnya (pembatas dinding dari bahan kimia tahan api) tipis ntah karna lupa dikasih Charmbodyfi*(iyain aja iyain). kenapa kok bocor bisa meledak? begini penjelasan singkatnya. jadi, sistem pendingin tanur induksi menggunakan air pada bagian kumparan yang melilit disekelilingnya, nah apabila cairan logam bersuhu tinggi terkena air otomatis akan meledak. gara-gara kejadian itu para pekerja panik beberapa lari pontang panting keluar, ada yang joget-joget, ada yang selfie, ada yang pura-pura mati. gue? secara reflek lari lalu tiarap dibawah tanur. bukan apa-apa beberapa hari yang lalu hidung gue kecipratan cairan 1400 C sehingga lukanya sedikit kedalam dan mungkin bakal membekas apalagi bocor kaya gini?meninggal yang ada, tapi yang bikin gue salut dengan gagah berani sioperator memiringkan tanur sambil mematikan system powernya.

Gue gak bisa bayangin kalau telat sedikit aja mungkin ada nyawa yang melayang saat itu, apalagi gue cuma beberapa langkah dari tanur saat kejadian terjadi, gue ngerasa malaikat isroil udah misscallin hape gue ngajak balik kedunia sana, mungkin kira-kira beginilah percakapannya jika seandainya telfonnya gue angkat.

Gue: "Ampun malaikat jangan bawa saya, dosa saya masih banyak, gebetan saya masih nunggu pernyataan saya tolong malaikat nasi padang kemaren juga belum saya bayar"

Malaikat: "Tadinya saya mau manggil kamu tapi kebetulan do'a kamu dijabah sama allah"

Gue: "Lah trus kenapa misscalin saya terus tolong jangan bawa saya tolong, emang malaikat punya telfon?"

Malaikat: "Yaa enggaklah siapa tau aja kamu gila tuuuutt tuuuutt tuuuuttt" telfon terputus

Dari sana gue yakin kalau do'a gue tadi pagi bener-bener dijabah sama allah...

Keadaan mulai tenang, karna dipabrik itu ada 4 tanur , akhirnya dilanjutkanlah peleburan menggunakan tanur yang lain saat itu. gue cuma diem gak ngebantuin sibapak operator peleburannya, mental gue bener-bener kena bahkan buat dudukpun gue ngejarak sejauh mungkin.

Karna waktu lebih terasa lama saat gue gak ngelakuin apapun, gue coba buat beraniin diri lagi buat bantuin sibapak dan hasilnya saat gue mau masukin material tiba-tiba cairannya nyiprat, pernah ngegoreng ikan laut? nah kira-kira seperti itulah cipratannya tapi yang ngebedain minyaknya diganti dengan cairan baja  bersuhu 1400 C lebih. untungnya gue gak kenapa-kenapa tapi begitu gue sadari ada bau gosong disekitar tubuh gue, dan ternyata rambut gue kena serpihan cairan logam, untung aja gak sampai botak.

Lagi-lagi mental gue down, kepala mendadak pusing, bibir komat kamit, ingus meler kemana-mana, iler bertebaran dilantai, gue bener-bener trauma. gue yakin psikolog, dukun, petani, bapak kost, tukang sayurpun gaakan bisa nyembuhin trauma gue. trus, pas istirahat gue balik kekostan dan langsung nyalain tv.  ada berita bahwa yang bernama mawar juga trauma, siapa mawar?kenapa dia bisa trauma?ternyata gue gak sendiri didunia ini. hati gue tergerak karna pertanyaan-pertanyaan tersebut muncul dikepala gue.

Ternyata mawar trauma karna ia adalah korban pemerkosaan ayahnya sendiri, kenapa?! kenapa karna trauma mawar bisa masuk tv?bisa masuk koran, kenapa?! padahal trauma mawar mengandur unsur kenikmatan, sementara gue?trauma gue karna nyawa gue hampir hilang hanya demi secarik nilai? tapi kenapa gue gak diwawancara kaya mawar? hidup memang gak adil...

Mulai detik ini sebagai seorang foundry engineering gue berjanji bakal bantuin kapten Amerika,  Superman, Ironman, dan ki joko bodo untuk menemukan apa yang dinamakan keadilan, gue gak akan pernah nyerah, gue janji...









Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hai, Terima kasih sudah ikut meramaikan kolom komentar saya. Jika ada waktu luang pasti akan saya kunjungi balik. Pastikan kalian memfollow Blog ini atau G+ saya.Secepatya pasti akan saya Followback agar dapat mengetahui dan meramaikan postingan terbaru pada blog kalian.